Ashiap

Tuesday 14 October 2014

7 Tips Mengakali Baterai iPhone yang Boros

iphone  diklaim sebagai smartphone tercanggih, tapi mengapa kapasitas baterainya masih saja berukuran 1560 mAh? Padahal para pesaingnya sudah menanamkan baterai dengan kapasitas hingga 300 mAh.

 
iPhone diklaim sebagai smartphone tercanggih, tapi mengapa kapasitas baterainya masih saja berukuran 1560 mAh? Padahal para pesaingnya sudah menanamkan baterai dengan kapasitas hingga 300 mAh.
Baterai-iPhone
Baterai-iPhone | http://s3.amazonaws.com/
Ukuran kapasitas baterai sebenarnya bukanlah satu-satunya tolak ukur kemampuan daya tahan smartphone, tapi banyak yang berharap iPhone memiliki kapasitas baterai yang lebih besar agar lebih tahan lama pemakaiannya. Berdasarkan penelitian, para pengguna bisa melihat smartphonenya hingga 150 kali. Itu artinya penggunaan telepon pintar ini semakin sering dan kemampuan baterai juga semakin penting.
Dikarenakan tidak bisa digantikan dengan baterai cadangan, ada 7 tips mengakali baterai iphone yang bisa Anda lakukan:

1. Pilih Operator dengan Sinyal Kuat

Operator kartu SIM juga memiliki peran dalam penggunaan baterai. Operator dengan sinyal lemah akan terus bekerja dengan keras untuk mencari keberadaan sinyal sehingga menyedot baterai Anda dengan cepat. Untuk itu, gunakan kartu SIM dari operator yang paling baik sinyalnya sesuai tempat Anda biasa berada.
Terdengar sepele, tetapi SIM card dan layanan koneksi yang berbeda, akan memiliki hasil yang signifikan terhadap daya tahan baterai. Pada sebuah iPhone yang sama, dengan kartu dari operator yang berbeda, bisa didapat daya tahan baterai yang berbeda.

  1. Matikan Pengaturan Kecerahan Layar Otomatis
Perubahan ambiens cahaya dalam ruangan yang berbeda, akan merubah kecerahan layar secara otomatis yang berdampak kepada konsumsi baterai. Mengatur kecerahan layar secara manual memang sedikit merepotkan, tapi membuat baterai lebih awet. Aturlah kecerahan layar dengan intensitas cukup nyaman di mata, jangan terlalu terang tetapi jangan pula terlalu gelap sehingga tidak nyaman digunakan. Juga aturlah waktu otomatis lebih singkat untuk mematikan layar ketika beberapa saat device tidak Anda sentuh.

  1. Matikan Koneksi yang Tidak Perlu atau Sedang Digunakan
Koneksi WiFi dan Bluetooth yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Jika Anda berada di tempat yang terdapat koneksi WiFi, pindah ke jaringan WiFi. Langkah ini lebih menghemat baterai dibanding memakai paket data.

  1. Matikan Notifikasi
Sosial Media yang selalu Anda pakai dan terhubung, sewaktu-waktu akan memberikan notifikasi baik suara atau getar. Settinglah iPhone Anda untuk menampilan hanya notifikasi yang benar-benar diperlukan, karena dalam beberapa saat biasanya Anda akan membuka ponsel Anda. Matikan juga layanan push email dan gunakan saja pull email, dimana email baru masuk ketika Anda membuka aplikasi email dan melakukan retrieve data.

  1. Matikan Location Services
Untuk keperluan find my iPhone, map, dan sosial media biasanya dilengkapi data lokasi, di mana posisi Anda sekarang. Penggunaan layanan ini mengaktifkan GPS satelit dan A-GPS yang cukup membutuhkan banyak daya. Untuk mematikannya, masuk ke menu di Setting > Privacy > Location Services.

  1. Matikan Layanan Siri Raise to Speak
Walaupun terlihat keren, pada iOS 7 efek parallax yang otomatis memberikan efek background tiga dimensi bergerak, ternyata mengkonsumsi lebih banyak daya. Untuk lebih menghemat daya, matikan efek ini.

  1. Non-aktifkan Layanan Air Drop dan App Refresh
Beberapa setting seperti di atas memungkinkan baterai iPhone yang cukup terbatas bisa dipakai lebih lama. Kalau Anda merasa setting tersebut membuat banyak fitur iPhone menjadi tidak lengkap, ada baiknya membeli casing iPhone yang sekaligus berfungsi sebagai baterai tambahan. Dengan ini kapasitas baterai iPhone menjadi berlipat, hanya saja device akan menjadi lebih tebal.

No comments: