Ashiap

Tuesday 23 September 2014

Cara Termudah Mengecek Keaslian Ponsel Android

android-asli-atau-palsu.jpg Cara Termudah Mengecek Keaslian Ponsel Android
Android, salah satu OS ponsel terpopuler dalam beberapa tahun ini. Seiring dengan kepopulerannya itu, banyak tangan-tangan 'nakal' yang berusaha meniru/mereplika ponsel Android yang telah terkenal. Misalnya vendor Samsung, produk mereka seperti Samsung Galaxy S4 banyak direplika lalu dijual dengan harga yang relatif murah.
Mungkin disisi lain tidak ada ruginya bagi para konsumen, namun bagaimana bila ponsel palsu itu dijual dengan harga yang sama dengan ponsel aslinya? Wah, kita pasti rugi besar. Masa sudah bayar mahal-mahal tapi kenyataannya malah membeli produk palsu.
Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui cara mengecek keaslian ponsel android. Hal ini untuk menghindari penipuan ketika hendak membeli ponsel android. Terutama bagi yang akan membeli ponsel android bekas, sebelum membeli sobat sangat diwajibkan untuk mengecek terlebih dahulu keasliannya. Karena bila tertipu, maka kita sendiri yang akan menyesal bukan? biggrin

Di postingan ini, saya akan menjelaskan beberapa tips untuk mencari tahu keaslian ponsel android, diantaranya.
1. IMEI Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mengecek International Mobile Station Equipment Identity (IMEI) pada ponsel android. Untuk ponsel Samsung, bisa dengan cara mengetikkan *#06#. Setelah itu, catat nomor IMEI dan masukan ke situs www.imei.info.
Lihat hasilnya dan bandingkan dengan spesifikasi android anda. Bila sama, maka bisa dipastikan ponsel tersebut asli. Dan jika berbeda, maka kemungkinan besar ponsel tersebut PALSU!
2. Apps Opera Masih belum yakin?
Jika belum, coba kunjungi apps.opera.com, lalu gulir ke halaman paling bawah. Jika ponsel sobat asli, maka akan tertulis nama dari ponsel itu sendiri, misalnya akan tertulis 'Your device is Samsung GT-S5360 Galaxy Y'. Dan jika palsu, maka akan tertulis 'Your device is Android Generic Android'. Gambar di bawah adalah contoh keaslian ponsel saya. biggrin
apps-opera.png
Klik untuk memperbesar.
3. Aplikasi AnTuTu Benchmark Cara yang lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama AnTuTu Benchmark. Silahkan cari di Google Play. Saya sendiri belum mencobanya, karena ketika dijalankan, muncul peringatan jika ponsel saya tidak mendukung aplikasi ini. Katanya aplikasi ini hanya mendukung CPU v7 saja.
Nah, bila ponsel sobat mumpuni cobalah cek keaslian ponselmu dengan aplikasi ini. Aplikasi ini akan memberikan informasi tentang spesifikasi android anda secara detail. Bandingkan dengan hasil pengecekkan dari imei.info tadi, jika sama maka dipastikan ponsel tersebut asli. Begitupun sebaliknya.
4. Deskripsi Foto Cara terakhir adalah dengan mengecek deskripsi foto hasil jepretan android anda. Kita bisa menggunakan komputer, caranya kirim/pindahkan foto ke komputer lalu cek deskripsi foto tersebut dengan cara klik kanan >> Properties >> Summary >> Advanced (untuk Windows XP). Hasilnya seperti gambar di bawah.
aseli2.jpg
Klik untuk memperbesar.
Jika deskripsi tidak muncul atau tidak sesuai dengan android anda, maka kemungkinan ponsel tersebut adalah produk KW.

Itulah beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengecek keaslian ponsel android. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membeli ponsel pintar ini. Mulai sekarang sobat tidak akan tertipu lagi dengan produk android KW-KWan biggrin.

No comments: